Sunday, June 20, 2010

ORANG BEKEN BACA PUISI DI OASIS !



Sastra Reboan kian memasyarakat dan tak hanya menyentuh kalangan sastrawan semata. Benar seperti yang menjadi semboyannya, “banyak pintu menuju sastra”, para selebriti pun kini tersentuh sastra. Bukan lagi mereka diundang ke Warung Apresiasi (Wapres) Bulungan, bahkan pertunjukan sastra itu digelar di restoran mewah. Kali ini, mungkin akan berkelanjutan, bertempat di Restoran Oasis milik Kafi Kurnia di Jl. Raden Saleh, kawasan Cikini.

Setidaknya, walau absen, penyair besar Sapardi Djoko Damono mengacungi jempol pada Yo Sugianto sebagai pemimpin komunitas Sastra Reboan dengan kiprahnya ini. Acara “Orang Beken Baca Puisi” memang gagasan Yo dan Kafi dari pembicaraan demi pembicaraan. Ceritanya Kafi Kurnia ulang tahun dan hadir di Wapres Bulungan saat Sastra Reboan berlangsung bulan Mei lalu. Rupanya, malam itu Kafi Kurnia ulang tahun. Lalu muncullah ide untuk merayakan dengan pembacaan puisi di Restoran Oasis itu.

Mengambil waktu Sabtu, 19 Juni 2010, jam makan siang, acara itu digelar. Balairung restoran menjadi ruang audiens dengan panggung sederhana. Restoran itu sudah memiliki interior klasik yang tak perlu diolah lagi untuk membangun suasana elegan. Di sanalah kemudian, sejumlah penyair, sahabat Kafi Kurnia, dan para artis menyumbang pembacaan puisi. Beberapa di antara mereka adalah: Ninik L. Karim, Kirana Kejora, Eva Budiastuti, Fahri dan Nisa, Flitz Simanjuntak, Yudhis, Diah Hadaning, Wanda Hamidah, Deddy Mizwar, dan Cornelia Agatha yang berkolaborasi dengan vokalis Yuyun dalam performance yang cantik.

Dalam sambutannya, Kafi (50 tahun) mengatakan, bahwa sudah saatnya puisi seperti karaoke. Dibaca di mana-mana oleh siapa saja. Karena itulah, acara “Orang Beken Baca Puisi” perlu diselenggarakan secara berkala. Buku-buku puisi disediakan, siapa yang mau membaca tinggal pilih yang disuka. Tentu saja, para penyair boleh membawakan puisinya sendiri.

“Ulang tahun saya ini hanya tempelan saja,” kata Kafi yang juga owner Penerbit Akoer. “Karena hari ini diluncurkan dua buah buku. Sandikala karya Fifi Hadiyanto dan Kasmaran yang kami garap ramai-ramai bersama Dwitri, Yudhis, dan Qaris Tajuddin.”

Dalam waktu dekat, seperti yang dibisikan Yo Sugianto kepada saya, akan ada event menarik berkaitan dengan puisi di Restoran Oasis. Kita tunggu saja. Di luar itu semua, yang mendorong saya semangat untuk menghadiri ulang tahun Kafi, salah satunya adalah kangen ketemu Cornelia Agatha. Ah, di deretan belakang dia memanggil saya. Rasanya memang sudah lama tak bersua…