Sunday, January 16, 2011

SEMANGAT TERBARUKAN



Lebih dari sebulan yang lalu, PERTAMINA saat di ulang tahun-nya yang ke 53, meluncurkan sebuah brand strategy baru, dengan brand DNA – “Terbarukan”. Bagi sebuah perusahaan enerji, istilah terbarukan, barangkali bukanlah sebuah istilah yang asing apalagi baru.Tidak juga bisa dibilang using dan kuno. Karena memang konsep enerji terbarukan adalah tantangan enerji global yang harus terjawab. Mencari sumber enerji yang lebih hijau, dan ramah lingkungan, tetapi juga tidak mudah habis.

Tetapi konsep “Terbarukan” diterapkan sebagai sebuah brand-strategy, sangatlah unik, dan cukup menantang. Ide “Terbarukan” sebenarnya sangat sederhana. Ibarat anda memiliki sebuah koin mata uang. Sisi yang satu adalah semua perubahan besar yang inovatif dan kreatif. Katakan saja semua perubahan yang revolusioner. Sisi yang satunya lagi, adalah semua perubahan yang sifatnya teratur dan disiplin. Kita menyebutnya sebagai perubahan yang bersifat evolusi. Bilamana koin itu diputar seperti gangsing, maka kedua perubahan itu berfusi menjadi satu. Menjadi sebuah proses yang terus menerus diperbaharui. Inilah konsep, - “Terbarukan”.

Ide ini sendiri, bukanlah datang begitu saja. Melainkan lewat sebuah proses pendewasaan yang sangat unik. Usai reformasi tahun 1998, yang membuat pasar Indonesia terbuka lebar, kita diserang berbagai pemain global, seperti Shell, Total hingga Petronas. Maka biarpun pertempuran ini dilakukan di Indonesia, tetapi sifat kompetisi dan persaingannya, merupakan pertempuran global dengan aturan global. PERTAMINA menyadari betul hal ini. Untuk bisa menang, PERTAMINA butuh menyulap dirinya menjadi pemain global yang siap bertempur dengan aturan global. Maka PERTAMINA mengusung program transformasi untuk menyiapkan diri menjadi pemain global. Bisnis pelumas PERTAMINA misalnya, telah mengalami restrukturisasi, baik secara branding dan pemasaran. Maka dengan kualitas dan pemasaran yang lebih baik, pelumas PERTAMINA bisa bersaing dengan sangat efektif melawan competitor asing,dan malah diam-diam sudah diekspor pula ke sejumlah Negara. Seperti Australia, Myanmar, Dubai, Singapura dan Pakistan. Demekian juga produk dan distribusi BBM PERTAMINA telah mengalami sejumlah pengembangan baik lewat renovasi SBPU hingga pengembangan pelayanan. Semua dilakukan PERTAMINA untuk menjawab tantangan kompetisi global tersebut. Tekad menjadi provider enerji global, tidak lagi menjadi angan angan belaka, melainkan sudah dilakukan dengan beberapa tindakan dan langkah yang nyata.

Program transformasi selama satu dekade ini, menjadikan sebuah pengalaman, yang melahirkan visi dan misi baru ke decade yang berikutnya. Untuk mengawal dan memastikan keberhasilan tercapainya tujuan perusahaan itu, maka lahirlah brand strategy - “Terbarukan”. Sebagai proses selanjutnya untuk menjadikan program transformasi berkelanjutan. Yang tidak hanya sesaat. Tetapi menjadi sebuah etos dan motto organisasi untuk selalu berdisplin melakukan pembaharuan yang tidak pernah berhenti. Selalu maju selangkah. Selalu menjadi lebih inovatif dan kreatif.

Keberhasilan tujuan perusahan kedekade yang berikutnya, sangat ditentukan oleh partisipasi setiap insan PERTAMINA untuk mengamalkan dan mengamankan strategi ini. Ibaratnya bumbu, ia harus meresap hingga ke pori-pori yang paling kecil dan menyatu menjadi satu molekul kesatuan. Sebagai kelengkapan brand-strategy itu, PERTAMINA juga meluncurkan sebuah tag-line baru yaitu – “Semangat Terbarukan” Sebagai sebuah obor baru untuk menerangi jalan didepan.

Hebbel, seorang penyair Jerman yang hidup dipertengahan abad ke 19, mengatakan “ Nothing great in the world has ever been accomplished without passion”. Karena sesungguhnya semuanya diawali dengan semangat dan ditentukan oleh semangat. Semangat adalah ibarat bahan bakar dan enerji kehidupan. Negara Indonesia, diproklamirkan dengan semangat ingin merdeka. Seorang atlit prestasinya sangat ditentukan oleh semangatnya untuk menang dan menjadi juara. Ilmuwan yang berhasil menemukan berbagai penemuan, memerlukan semangat pantang menyerah, yang mampu melewati sejumlah kegagalan. Maka semangat menjadi titik awal dan titik akhir sekaligus.

Dalam sejumlah interview dengan stake-holder PERTAMINA, mulai dari supplier hingan konsumen dan masyrakat awam, ditemukan begitu banyak harapan agar PERTAMINA sukses dan menjadi institusi dan perusahaan yang membanggakan Indonesia. Kecintaan dan kepedulian ini sungguh mengharukan. Dan sekaligus menjadi modal untuk menggagas tekad dan mengobarkan semangat. Konsep “Terbarukan” dapat dikatakan dibawah alam sadar, setiap insan Indonesia, merupakan angan-angan dan cita-cita masa depan Indonesia yang juga mereka idam-idamkan bersama. Yaitu “Indonesia yang Terbarukan” Menggulirkan semangat ini akan menjadi sebuah pusaran kekuatan, dimana PERTAMINA bisa dan mampu menjadi pemimpin yang sekaligus menciptakan inspirasi majemuk untuk berprestasi dan berkarya. Baik kedalam PERTAMINA ataupun di luar PERTAMINA.

Sukses korporasi yang berkinerja sangat tinggi, sangat dipengaruhi ole ide-ide baru, kemampuan berimajinasi dan kecepatan berinovasi. Mengkombinasikan ketiganya dalam sebuah prilaku dan disiplin korporasi adalah tantangan prestasi setiap pemain global. PERTAMINA memiliki kebulatan tekad itu. Rahasianya, mencari satu perekat yang mampu merangkul ketiganya dan menjadikan satu kesatuan enerji. “Semangat Terbarukan” itulah yang diharapkan menjadi gelora enerji kedepan.

Melihat prestasi dan kesungguhan PERTAMINA dalam sepuluh tahun terakhir. Keyakinan saya tumbuh bersama bahwa brand-strategy PERTAMINA – “Terbarukan” adalah proses akselerasi yang memang dibutuhkan. Ibarat roller coaster inilah petualangan yang ditunggu-tunggu. Selamat berpetualang !

No comments: