Monday, July 05, 2010

BEDAH NOVEL "KASMARAN" DI KUDUS



Jumat, 2 Juli 2010, Pukul 13.00 WIB Lembaga Sastra dan Sosial Budaya (LS2B) Sumur Tolak bekerjasama dengan Redaksi Website Universitas Muria Kudus mengadakan bedah novel "Kasmaran" karya Kafi Kurnia dan Dwitri Waluyo. Novel terbitan AKOER ini bertema cinta dari kisah nyata salah satu pejabat negri.

Salah satu pembahas dalam acara tersebut, Adhitia Armitrianto, wartawan sekaligus pegiat sastra mengatakan bahwa "Kasmaran" dibuat dengan bahasa yang sopan, tidak vulgar, dan mudah dipahami, sehingga membuat novel ini bisa menjadi konsumsi semua kalangan. Yang menarik adalah novel ini merupakan kisah nyata. Nama-nama tokoh yang diambil dari dunia pewayangan seperti Seno, Permadi, dan Anjani mencerminkan karakter dari tiap-tiap pelaku.

Sementara Dhini Rama Dhania, dosen UMK yang juga menjadi pembahas novel "Kasmaran" melihat dari sisi makna cinta bagi perempuan. Bagaimana seorang perempuan bisa begitu mengagungkan cinta dan rela memperjuangkan ketulusan cinta meski melalui pengorbanan yang begitu banyak. Dhini juga "surprise" dengan novel ini karena sang penulis yaitu Kafi Kurnia selama ini dikenal sebagai pakar marketing ternama, ternyata piawai menulis novel cinta yang menarik. Menurutnya novel ini penting dikoleksi bagi perempuan yang ingin memahami resiko dalam percintaan.

Acara bedah novel "Kasmaran" diikuti peserta dari kalangan mahasiswa dan umum. Audience bisa melihat-lihat dan membeli buku terbitan AKOER pada stand yang disediakan oleh penyelenggara acara. Untuk menambah semarak suasana, kelompok musisi jalanan Kudus mempersembahkan beberapa lagu di jeda acara. Pada saat penutupan diskusi, musisi jalanan yang cukup rapi itu mempersembahkan lagu "Kasmaran" berduet dengan Mbak Ira-Istri Manager Universitas Muria Kudus, lagu yang sempat dipopulerkan oleh Iga Mawarni. *

No comments: