Saturday, February 01, 2014

PERUNTUNGAN BISNIS DI TAHUN KUDA KAYU 2014



Bagi sebagian orang Januari 2014 dianggap sangat penting. Karena dalam satu bulan itu terjadi 3 peristiwa tahun baru. Yang pertama tentu saja tahun baru internasional pada tanggal 1 Januari 2014. Dan tahun baru Islam pada tanggal 14 Januari 2014. Yang ketiga adalah tahun baru Imlek pada tanggal 31 Januari 2014. Sebuah persilangan enerji yang sangat langka. Konon begitulah istilahnya. Hal lain yang dianggap sangat istimewa adalah hadirnya "super moon". Selama tahun 2014, diperhitungkan bakal ada hanya 5 "super moon" Yang pertama jatuh pada tanggal 1 Januari 2014. Berikutnya jatuh pada 30 Januari 2014, sehari sebelum imlek, dalam bentuk "black moon". Kedua peristiwa ini yang terjadi pada bulan Januari 2014 menyiratkan perubahan poros enerji. Yang menimbulkan gerakan tiba-tiba, dengan sejumlah perubahan. Dengan agenda pemilu 2014, diharapkan inilah enerji besar yang kita butuhkan untuk membuat sejumlah perubahan positif. Begitulah harapan semua orang.

Guru spiritual saya, Mpu Peniti - selalu mengambil sikap yang pragmatis. Menurut beliau karena semua hari adalah ciptaan Tuhan Yang Maha Kuasa, maka semuanya akan baik dan sempurna. Siasatnya, adalah bijaksana membaca tanda-tanda alam. Mawas diri dan memanfaatkan momentum yang ada secara positif. Itu nasehat beliau yang selalu saya amankan dan amalkan. Tahun kuda kayu 2014 bisa jadi tahun yang penuh enerji, bagi mereka yang tidak bisa menyalurkannya dengan baik, ini akan menjadi tahun yang hingar bingar. Namun bagi mereka yang bisa mengendalikan-nya dengan baik, tahun 2014 bisa jadi kendaraan yang penuh keberuntungan. Ibarat kita menunggangi ombak.

IHSG ditutup positif yaitu naik 12.96% sepanjang tahun 2012 ke posisi 4.316,69 hingga awal 2013. Pada penutupan perdagangan Jumat, (3/1/2014), IHSG tercatat melemah ke level 4.257,66. Imbas tahun ular 2013 memang sangat liar. IHSG selama tahun 2013 bukan-nya menguat malah justru ambruk. Semester pertama 2014, IHSG diperkirakan akan punya pondasi baru dan cenderung menguat. Elemen metal selama 6 bulan pertama akan mendatangkan kekuatan yang cenderung membawa rejeki dan pertumbuhan. IHSG selama semester pertama di perhitungkan akan tumbuh dan menguntungkan. Tapi hasil pemilu di bulan APRIL 2014, bisa membawa sentimen negatif terhadap IHSG disemester kedua. Terlebih dengan munculnya elemen api disemester kedua, yang bisa saja menimbulkan percikan api dan korslet tiba-tiba. Rahasianya jangan serakah. Kita perlu sangat hati-hati disemester kedua.

Kuda adalah kendaraan raja, dan panglima di medan perang. Kuda juga menjadi perlambang kemenangan. Dalam bisnis tahun 2014 merupakan momen bagus untuk perluasan bisnis. Perhitungannya, pelaku bisnis disarankan untuk tidak memulai bisnis baru di tahun 2014. Tetapi lebih fokus pada bisnis utama. Ibarat kuda mengenakan penutup mata agar bisa berjalan lurus. Kalaupun anda ingin melakukan perluasan bisnis sebaiknya di bisnis yang sama. Lebih baik anda melakukan akuisisi dibisnis yang sama daripada anda melakukan ekspansi bisnis baru. Semuanya harus dilakukan disemester pertama. Itu kuncinya. Semester kedua adalah untuk konsolidasi dan penyehatan. Anda perlu melakukan semuanya dengan sangat gesit dan cepat. Jangan terlalu lama berpikir. Kecepatan adalah senjata utama di tahun kuda 2014. Kuda bisa terlihat angun dan berwibawa. Tetapi kuda bisa juga terlihat liar dan pemberontak. Tahun 2014, anda ditantang untuk menggunakan semua kemampuan anda untuk bernegosiasi dan memperlihatkan wibawa dan kharisma anda. Bila anda berhasil, maka anda akan mendapatkan banyak pengikut baru. Anda akan sangat disukai. Sebaiknya bilamana anda arogan dan ugal-ugalan, anda akan dimusuhi oleh orang banyak. Kemampuan anda berkomunikasi akan menjadi tantangan utama di tahun 2014. Gunakan dengan sangat bijaksana.

Karena ini adalah tahun Kuda Kayu, maka salah satu bisnis yang paling disorot adalah real-estate. Selama 3 tahun terakhir ini, bisnis Real Estate mengalami pertumbuhan yang sangat luar biasa. Masih ada 14 juta keluarga lebih di Indonesia yang belum memiliki rumah dari total 60 juta keluarga lebih. Artinya permintaan rumah tiap tahun masih berkisar dalam 1 juta unit pertahun. Suku bunga Bank Indonesia yang cukup rendah, juga menopang pertumbuhan bisnis real estate di Indonesia. Semenjak November 2011, suku bunga Bank Indonesia masih dibawah kisaran 6%. Dan sempat bertahan cukup lama. Barulah pada Mei - Juni 2013 terjadi perubahan yang memaksa suku bunga Bank Indonesia naik terus menerus hingga bertengger menjadi 7,5% di Januari 2014. Di tahun kuda ini, diprediksi akan terjadi polarisasi di bisnis real estate, beberapa sektor akan ikut terguncang dan mengalami koreksi tajam.

Bisnis yang akan mendapat sorotan tajam adalah "W-E-W" - yaitu WATER - ENERGY - and WASTE. Dalam bisnis air, kompetisi akan semakin ketat. Perusahaan besar akan masuk dan mengubah peta persaingan. Ini bukan hanya dalam bisnis air kemasan tetapi juga bisnis air PAM. Ini adalah lahan yang akan diperebutkan dengan sengit. Bisnis enerji akan mengalami kemajuan inovasi di sana sini. Bisnis enerji akan mengalami pertumbuhan dan kinerja lebih baik dibanding tahun 2013. Bisnis sampah juga akan mengalami kemajuan yang sangat cepat. Kerusakan lingkungan dan masalah cuaca ekstrim akan membuat perusahaan besar berlumba-lumba melakukan investasi di sektor bisnis ini.

Industri pariwisata akan terus tumbuh dan tahun 2014, prospeknya sangat bagus. Dengan hari libur nasional berjumlah 16 hari dan masa cuti rata-rata 14 hari, tiap pekerja di Indonesia punya kesempatan berlibur 30 hari selama tahun 2014. Ditambah dengan minimal 8 hari kejepit nasional atau HARPITNAS dan sejumlah hari libur menjelang dan saat PEMILU maka diperkirakan jumlah libur dan cuit ditahun 2014 menjadi diatas 40 hari. Potensi industri Pariwisata menjadi andalan bisnis 2014. Bagaikan kereta kuda, industri ini juga akan menarik industri lain seperti transportasi, retail dan juga makanan dan minuman. Hanya saja semester kedua kita harus lebih berhati-hati, bila tidak beberapa kecelakaan angkutan akan kembali terjadi disemester kedua.

Bisnis keuangan di prediksi akan stabil, tidak akan ada banyak kegairahan. Konsolidasi akan terus terjadi. Merger dan akuisisi tidak terelakan. Beberapa perusahaan jasa keuangan terpaksa dijual. Berbeda dengan industri pendidikan yang akan mengalami pertumbuhan baik di tahun 2014. Tahun ular 2013 dianggap bukan tahun dengan perlambang bagus. Kebanyakan orang tua menunggu pergantian tahun kuda. Dan tahun 2014 akan mengalami kelahiran bayi yang jauh lebih banyak dibanding tahun sebelumnya.

Industri komputer dan elektronik dunia akan terus mengalami perubahan sangat besar ditahun 2014. Menjadi sangat kompetitif dan meminta korban cukup banyak. Beberapa industri yang mendapat tantangan cukup besar tahun 2014, diantaranya adalah : otomotif, perbankan dan jasa keuangan, bisnis yang terpengaruh air ( perikanan, transportasi laut), industri kapal terbang, dan bisnis pertambangan. Semua industri ini terpengaruh elemen kayu dan api. Namun ingat - kunci adalah gesit dan tangkas ! Serta memanfaatkan keahlian anda dalam komunikasi, negosiasi dan diplomasi !


2 comments:

wawan said...

Salam sukses pak kafi!

Toko Buku Online said...

Distributor Buku Online www.garisbuku.com