Friday, February 04, 2011

HOKI ANDA DI TAHUN - BUGS BUNNY - 2011



Tanggal 3 Pebruari 2011, kalender lunar Cina memasuki peredaran tahun yang baru dengan pengaruh shio kelinci. Teman-teman saya menyebutnya tahun Bugs Bunny. Sebelum tahun kelinci, tahun 2010, praktis dibawah pengaruh tahun macan. Indonesia yang lahir tahun 1945, memiliki shio ayam. Ayam boleh dikata kurang akur dengan macan. Atau macan lapar pasti akan memakan ayam lewat. Itu sebabnya tahun macan selalu punya rekor jelek di Indonesia. Ingat saja Malari 1974 atau Kerusuhan Mei 1998, semuanya dibawah pengaruh shio macan. Jadi jangan salahkan tahun 2010, terasa susah, penuh tantangan dan cukup menyesak-kan. Indonesia dirundung sejumlah bencana alam. Plus sekian puluh skandal yang semua menghebohkan.

Indonesia yang berada di bawah pengaruh shio ayam, memiliki sifat-sifat keramahan yang terkenal seantero jagad. Tetapi shio ayam juga butuh pujian dan perhatian. Lihat saja para pemimpin kita. Rata-rata punya kepribadian yang sama dalam hal ingin popular, beken dan mencari perhatian. Tahun 2011, untuk Indonesia diramalkan akan jauh lebih tenang dan damai. Tidak akan segonjang ganjing tahun macan 2010 sebelumnya. Bencana alam mungkin tidak akan seberat tahun 2010. Namun harus diwaspadai bulan-bulan Maret dan April. Demikian juga November dan Desember. Bintang gelap di masa-masa ini, memungkinkan sesuatu terjadi tiba-tiba tanpa kita sangka-sangka. Pemimpin kita sebaiknya banyak-banyak bersabar ditahun 2011 dan tidak terburu nafsu, tidak emosional, serta menggunakan akal sehat. Hasilnya akan terlihat baik setahun kemudian 2012 ketika tahun bershio Naga.

Tahun 2011, dengan pergolakan di Timur Tengah, yang mungkin bisa merembet ke Afrika, Indonesia akan diuji kebijakan luar negerinya dengan sejumlah masalah. Sebaiknya Indonesia focus dan memperhatikan masalah infrastruktur dengan lebih baik lagi. Karena investasi infrastruktur di tahun 2011 bisa menghemat dan mencegah banyak hal di tahun 2012. Secara umum 2011 akan menjadi tahun yang jauh lebih menyenangkan bagi Indonesia disbanding tahun 2010.

Biasanya tahun kelinci, ramai oleh berbagai perkawinan, karena kebanyakan orang tua ingin punya anak bershio naga, yaitu setahun berikutnya tahun 2012. Anak yang bershio naga dipercaya membawa hoki bagi keluarga. Tahun 2011, semua industry yang bersinggungan dengan bisnis pesta perkawinan diperkirakan akan mbludak dengan fantastis. Industri yang bersinggungan dengan kebutuhan bayi akan meledak dan booming setahun berikutnya. Kelinci sendiri dikenal sebagai mahluk yang cepat beranak pinak. Harapan bahwa rejeki dan bisnis akan beranak pinak ditahun kelinci juga menjadi harapan semua orang. Hanya saja konon enerji kasmaran kelinci yang begitu besar, juga akan menciptakan lebih banyak skandal sex dan perselingkuhan terbongkar ditahun 2011, terutama dari kalangan selebriti.

Kelinci banyak digunakan dalam berbagai symbol dan karakter. Yang paling popular dan beken tentulah karakter Bugs Bunny. Diluncurkan tahun 1940, sebagai bagian dari serial Looney Tunes dari Warner Bros. Disini kelinci yang selalu tampil tenang tanpa suara, menjadi kelinci yang penuh akal dan tipu daya. Serta selalu tampil sebagai pemenang, berkat akalnya yang segudang. Group media hiburan Playboy, juga menggunakan kelinci sebagai logo dari mereknya yang terkenal seantero jagad. Kelinci yang jinak menjadi aikon yang sangat-sangat popular. Batu batere Energizer, memiliki mascot berupa kelinci berwarna pink. Dalam iklan selalu tampil sebagai tokoh yang pantang menyerah. Selalu maju terus, tanpa kehabisan enerji.

Lalu apa pelajaran bijak buat tahun 2011 ? Mentor dan guru spiritual saya, Mpu Peniti, memberikan wejangan yang sederhana dan unik. Menurut beliau, kelinci tidak pernah berisik. Tau-tau anaknya sudah banyak. Inilah tanda-tanda pekerja keras yang tidak pernah menyombongkan diri, tapi tau-tau prestasinya sudah segudang. Kelinci melompat dari satu tempat ketempat yang lain. Kelinci paham memanfaatkan momentum. Tahun kelinci selalu ditandai berbagai peristiwa penting yang memperlihatkan sejumlah lompatan peristiwa. Tahun kelinci 1999, mata uang Euro diperkenalkan dan digunakan di 11 negara di Eropa. Tahun kelinci 1987, mencatat Margaret Thatcher terpilih ketiga kalinya sebagai perdana mentri Inggris.

Tahun 2011, kita harus belajar dari Bugs Bunny untuk memberdayakan akal sehat. Sungguh sungguh maju terus berkarya. Seperti motto batu batere Energizer “Keeps Going”.Maju terus ! Untuk mencari lompatan-lompatan baru.

Sebagai modal awal, ahli Fengshui Hongkong terkenal Joseph Chau, menyarankan pada hari raya imlek, untuk memajang buah-buah seperti nanas, jeruk Bali, jeruk keprok, apel, pisang, anggur dan dragon fruit, sebagai magnet untuk menarik enerji-enerji positif yang merupakan symbol dari kekayaan dan kehidupan yang harmonis.

Menurut Joseph Chau, shio yang akur dengan shio kelinci adalah mereka-mereka yang lahir dengan shio kelinci, kuda, kambing, naga, tikus dan sapi. Mereka memiliki proyeksi peluang dan keberuntungan yang lebih besar ditahun ini. Namun apapun juga shio dan zodiac anda, tahun kelinci menjanjikan tahun yang lebih damai, tenang dan tidak terburu-buru. Inilah tahun terbaik menyemai bibit dan investasi. Karena hadiah dan balasan-nya akan anda nikmati segera. Gong Xi Fa Cai. Semoga tahun kelinci 2011 membawa kesuksesan bagi kita semua !

No comments: