Sunday, October 25, 2009

Charlotte Gainsburg (Best Actress Cannes Film Festival 2009) - Filmnya ANTICHRIST disebut sebagai film paling kontroversial 2009



Inilah film yang dilabel paling kontroversial di tahun 2009, judulnya Antichrist dan dibintangi oleh Willem Dafoe and Charlotte Gainsbourg. Disutradarai oleh Lars Trier, yang merupakan sutradara kontroversial dari Denmark. Mulai membuat film dan jatuh cinta pada film sejak usia belia. Ketika ulang tahun ke sebelas Lars Trier di beri kado kamera Super 8, dan semenjak itu ia tidak pernah berhenti membuat film. Tahun 1979, ia masuk Danish Film School, dan lulus pada tahun 1983. Ketika masih kuliah, ia memproduksi 2 film Nocturne (Nocturne, 1980) dan Image of Liberation (Befrielsesbilleder, 1982), dan keduanya menang penghargaan di Munich Film Festival sebagai film terbaik. Teman-teman-nya memberikan nama panggilan “Von Trier”, sebagai lelucon atas bakat geniusnya. “Von” mirip dengan sebutan bangsawan. Lars Trier menyukainya dan mengubah namanya menjadi Lars Von Trier.

Film “ANTICHRIST”, memiliki plot sangat sederhana. Pasangan William Dafoe dan Charlotte Gainsbourg, baru saja kehilangan anak mereka yang berusia 4 tahun. Lalu sang Ibu larust dalam kesedihan yang sangat pekat. Willam Dafoe yang kebetulan adalah seorang psychiatrist, menganggap dokter terlalu banyak mencecoki isterinya dengan obat. Lalu memutuskan untuk berlibur ke rumah pesanggrahan mereka di Eden. Dengan harapan suasana pedesaan yang alami akan membuat proses pengobatannya menjadi lebih efektif. Apa daya situasinya berbalik 180 derajat, ketika keduanya larut dalam sejumlah peristiwa yang berbeda.

“ANTICHRIST” di premiere-kan di bulan Mei yang lalu dan langsung menuai badai kritik. Film ini sempat di nominasikan untuk mendapatkan penghargaan tertinggi Palme d’Or. Namun terdengar kabar bahwa film ini sedemekian seram-nya, sehingga beberapa orang pingsan saat menonton-nya. Oleh kritikus dan sejumlah juri film ini di sebut sebagai film “anti-award” karena sejumlah kontroversi itu. Hebatnya, walaupun film itu memiliki sejumlah musuh, pemeran utamanya Charlotte Gainsbourg dinobatkan menjadi aktris terbaik di Cannes Film Festival. Berkat peran-nya sebagai Ibu yang sangat berduka, begitu meyakinkan dan jujur. Ia mampu menyeret setiap emosi penonton yang menonton film ini. Kini kemanapun dan di festival apapun film ini diputar, ia tidak pernah sepi menuai komentar, kritik dan punjian.

Lars von Trier, membuat film ini dengan sangat artistik, mencengkram kita dari awal hingga akhir. Walaupun akhirnya film ini dilabel sebagai film horor, tanpa tradisi dan ritual film-film horor lainnya. Film yang disebut sebagai masterpiece von Trier, memiliki keindahan dan kejutan yang tak terduga. Menjadikan film “ANTICHRIST”, barangkali sebagai salah satu film terbaik saat ini, uniknya anda hanya kepengin menontonnya sekali saja. Sudah cukup ! Menjadikan film “ANTICHRIST” sebagai film paling kontroversial tahun 2009.

No comments: